Penulis: Suhardi dan Novianto Budi Kurniawan Penerbit: ITB Press ISBN: 978-623-297-305-3
Sinopsis
Penelitian komputasi layanan yang telah berkembang dalam 15 tahun terakhir ini, telah memberikan manfaat bagi organisasi dalam menggunakan dan menerapkan teknologi komputasi layanan, untuk meningkatkan sistem layanannya. Seiring dengan semakin tumbuhnya sektor industri layanan, organisasi dituntut untuk terus berkontribusi secara nyata dalam menciptakan sistem layanan yang dapat menciptakan nilai layanan, sehingga berdampak pada peningkatan kinerja organisasi. Penggunaan teknologi komputasi layanan dalam membangun sistem layanan menjadi pertimbangan utama, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan penyediaan layanan TI yang mampu mendukung layanan bisnis secara efektif. Perkembangan teknologi komputasi layanan memicu kebutuhan organisasi dalam membangun sistem komputasi layanan yang mampu menghadirkan layanan TI, serta dapat memenuhi tantangan dan kebutuhan layanan bisnis. Dibutuhkan pemahaman mengenai tahapan dan kerangka kerja dalam mengidentifikasi, merancang, membangun, mengimplementasi dan menjalankan sistem komputasi layanan tersebut. Tulisan ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai komputasi layanan, teknologi komputasi layanan, sistem komputasi layanan, dan nilai layanan yang secara bersama-sama akan digunakan sebagai landasan dalam melakukan rekayasa sistem komputasi layanan.
Buku ini tanpa terasa sudah memasuki usia 5 tahun sejak edisi 1 diterbitkan pada tahun 2018. Buku ini menjadi salah satu bahan pada beberapa kuliah yang diampu oleh penulis. Selain itu buku ini juga menjadi bacaan/referensi bagi mahasiswa-mahasiswa yang melakukan penelitian Tugas Akhir/Skripsi, Tesis, dan Disertasi dalam topik komputasi layanan dan/atau pengembangan platform/sistem layanan digital, terutama mahasiswa-mahasiswa dibawah bimbingan penulis. Oleh sebab itu sangat terasa bahwa referensi-referensi yang dipakai dalam penulisan buku ini tidak mencukupi lagi apabila dilihat berdasarkan jurnal-jurnal yang terbit pada berbagai jurnal internasional bereputasi dalam topik-topik penelitian bidang komputasi layanan dan sistem komputasi layanan.
Oleh sebab itu Edisi 2 buku ini merevisi/menambahkan beberapa referensi terbaru (2018–2023) untuk melengkapi bahasan-bahasan pada beberapa bab buku ini. Beberapa bahasan juga disesuaikan dengan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti di Service Computing Research Group (SCRG), Kelompok Keahlan Teknologi Informasi, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, ITB. Revisi ini terutama menambah atau melengkapi informasi-informasi terbaru berdasarkan penelusuran referensi terkait topik-topik penelitian komputasi laanan dan hasil-hasil penelitian SCRG.
Ukuran | ISO B5 (175x250mm) |
Halaman | 368 |
Cover | Glossy |
Untuk pemesanan hubungi nomor: +62-877-8806-6848 (WhatsApp)