Orasi Ilmiah Guru Besar Institut Teknologi Bandung: Data Nuklir: Teori Penunjang dan Aplikasinya

Penulis: Prof. Rizal Kurniadi
Reviewer: Prof. Sidik Permana

Penerbit: ITB Press

ISBN: -
e-ISBN: -

Sinopsis

Data nuklir adalah pangkalan data yang sangat diperlukan bagi perkembangan sains dan teknologi nuklir. Begitu pentingnya pangkalan data ini, banyak peneliti-peneliti yang berfokus  untuk terus melakukan penelitian dan pengembangan data tersebut, baik secara eksperimen maupun teoritk.

Buku ini membahas pengantar tentang data nuklir, diawali dengan penjelasan singkat terkait pangkalan data nuklir serta besaran-besaran fisis yang dimilikinya dilanjutkan dengan  pustaka-pustaka yang menjadi induk pangakalan data tersebut serta lembaga-lembaga yang menaunginya.

Pangkalan data ini dibangun melalui data-data yang diperoleh dari hasil eksperimen dan hasil teoritik. Oleh karenanya setelah mengulas dengan singkat tentang pustaka dan lembaga yang mewadahinya bab berikutnya dari buku ini adalah memaparkan tentang bahasan topik fisika nuklir yang menjadi kerangka teoritis  untuk pemodelan dan evaluasi hasil eksperimen. Eksperimen sesungguhnya tidak bisa menutupi kebutuhan aplikasi secara menyeluruh, sehingga diperlukan cara lain untuk mendapatkannya. Cara tersebut dapat dipenuhi oleh evaluasi pemodelan dari data-data eksperimen yang terbatas. Karena luasnya cakupan aspek teoritik ini, maka evaluasi dan pemodelan teoritik tersebut dibagi menjadi dua bagian utama yaitu struktur dan reaksi. Pembagian tersebut dilakukan mengacu pada pendekatan kuantum yang digunakan. Struktur menyandarkan pada keadaan terikat, sedangkan reaksi berlandaskan keadaan kontinu. Pada bab terakhir akan diberikan berbagai aplikasi yang menggunakan jasa data nuklir ini. Seperti aplikasi pada kedokteran, pangan, industri, energi dan persenjataan. Bab tersebut menggambar secara singkat menfaat dan strategisnya data nuklir pada kehidupan sehari-hari. Secara umum keseluruhan aplikasi tersebut terbagi menjadi dua bagian besar yaitu aplikasi dari radiasi dan energi, di akhir bab diulas secara singkat bagaimana prospek penggunaan reaksi fusi bagi kehidupan manusia.

UkuranB5
Halaman119
CoverDoff
Detail

Untuk akses e-book kunjungi link berikut:

Untuk pemesanan hubungi nomor:

  • (022) 2512532 (FGB ITB)
  • +62-877-8806-6848 (WhatsApp ITBPress)
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *