Segera Terbit: Perancangan Sistem Digital dengan Verilog

Penulis: Trio Adiono

Penerbit: ITB Press

ISBN:
e-ISBN:

Sinopsis

Buku ini bertujuan memberikan pemahaman tentang cara merancang chip digital menggunakan bahasa pemrograman perangkat keras Verilog. Fokus buku ini bukan hanya pada sintaks bahasa pemrograman, tetapi pada rangkaian digital yang dihasilkan melalui proses sintesis hasil pemrograman tersebut. Pembaca diharapkan dapat menerjemahkan arsitektur perangkat keras yang diinginkan ke dalam bahasa Verilog. Rangkaian digital yang dihasilkan dari sintaks Verilog diharapkan memiliki kinerja optimal dalam hal ukuran desain, kecepatan, dan konsumsi daya.

Penjelasan dimulai dengan struktur bahasa Verilog, dilanjutkan dengan metode implementasi desain kombinasional dan sekuensial. Contoh yang relevan disediakan untuk memudahkan pemahaman. Aspek penting dalam perancangan seperti blocking, non-blocking, dan combinational loop dijelaskan dalam bab tersendiri sebagai pedoman dalam perancangan. Buku ini juga mencakup cara membuat testbench yang baik, menganalisis hasilnya, dan memastikan test coverage yang baik dan menyeluruh, termasuk otomasi verifikasi hasil simulasi.

Selain itu, buku ini membahas cara penulisan Verilog untuk desain kompleks terkini seperti Artificial Intelligence (AI), Auto Encoder, dan prosesor sederhana. Pembaca diberi pemahaman tentang algoritma AI sebelum melakukan perancangan. Buku ini juga memberikan panduan untuk penulisan Verilog yang baik dan tips tentang hal-hal yang harus dihindari. Penulisan kode yang baik diharapkan dapat menghasilkan perangkat keras yang berkinerja baik dalam hal kecepatan, ukuran desain, konsumsi daya, serta kemudahan memahami rancangan.

UkuranB5
Halaman220
CoverDoff
Detail

Untuk pemesanan hubungi nomor: +62-877-8806-6848 (WhatsApp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *