Menggila Bersama Noin Bullet di Rilis Party Single “Kegilaan Ini”

Hari Jumat, 2 Agustus 2024, bertempat di Dreams Social Life, Bandung, Noin Bullet mengadakan rilis party single “Kegilaan Ini”. Perilisan ini terasa spesial karena melibatkan nama Bagus ‘NTRL’ (dikenal juga dengan nama OmBags-red) sebagai musisi tamu/kolaborator di lagu ini. Menurut gitaris Noin Bullet, Chaerul acara ini digelar sebagai bentuk hajatan bersuka cita bersama, di mana hal ini berbarengan pula dengan momentum ditutupnya perjalanan tour ‘Tak Terkalahkan’ yang dimulai dari Mei 2024 – Juli 2024.

Makin bertambah menarik, karena selain menggelar jumpa pers dengan media, gelaran ini pun menampilkan beberapa musisi lainnya untuk memeriahkan acara. Ada Aska Rockers (Rocket Rockers), Dawn Pubrocker (Jun Fan Gang Foo), Penikmat Soto, Orind, Purpose Tiger Clan, SKRNG!, serta tentunya OmBags sendiri yang digandeng untuk menyanyikan single “Kegilaan Ini”. Selain itu, ada pula Firman Ink dan Sherly yang didapuk sebagai pembawa acara.

Bicara tentang Noin Bullet rasanya tidak lepas dari gerakan ska gelombang ketiga yang dimulai pada 1980-an, dan meraih kepopuleran di Amerika Serikat pada 1990-an. Sedangkan di Indonesia sendiri ska sempat mewabah dan meraih kepopuleran cukup masif pada era 90an akhir/awal tahun 2000an. Saat itu beberapa band ska merajai radio dan televisi, termasuk diantaranya Noin Bullet. Mengawali karir bermusiknya di bawah tanah, Noin Bullet kemudian mendapati puncak karirnya kala mereka dikontrak label arus utama, Warner Musik, dan menelurkan album ‘Bebas’ dan ‘Manusia’.

Sukses di ranah musik arus utama, nama Noin Bullet pun dicetak tebal dalam sejarah musik arus pinggir, khususnya ketika kita bicara tentang Studio 41 milik sang gitaris, Chaerul. Studio 41 tersebut banyak berkontribusi melahirkan album-album band asal Bandung, termasuk salah satunya Rocket Rockers yang merekam 4 albumnya di studio ini. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Aska (vokalis & gitaris Rocket Rockers) saat jumpa pers perilisan single “Kegilaan Ini”. Menurut Aska, kehadirannya di acara ini berhubungan erat dengan pengalaman personal Aska dengan Noin Bullet, terutama terhadap Studio 41 yang punya kedekatan sejarah dengan perjalanan bandnya.

28 tahun alias hampir 3 dekade berdiri sebagai sebuah entitas musik, tentu bukan hal yang mudah. Hal ini dirasakan pula oleh Noin Bullet, khususunya sang vokalis, Hadi Irhamsyah. Vokalis yang akrab disapa Abang ini menuturkan selama bermusik hampir 3 dekade bersama Noin Bullet, ada banyak perubahan yang dia rasakan, termasuk soal pergantian personil yang menurutnya sudah kurang lebih 20 kali berganti formasi. Naik turun dalam menjalani karir bermusik telah dia rasakan, sampai kemudian semangat itu kembali menyala ketika ‘si anak hilang’, Chaerul kembali didapuk menjadi gitaris di band ini.

“Noin Bullet itu rumah buat saya, jadi seberapa jauh saya berjalan, pada akhirnya saya akan kembali pulang ke rumah”, ujar Chaerul saat ditanya alasannya kembali ke Noin Bullet.

Perilisan single “Kegilaan Ini” pun sedikit banyaknya merupakan andil dari Chaerul yang berinisiatif memunculkan single yang terdapat di album ‘Be A King’ ini (rilis tahun 2023) untuk muncul ke permukaan. Dengan menggandeng OmBags sebagai  kolaborator dia berharap bisa memberi warna baru dan memberi sesuatu yang berbeda, serta terasa lebih ‘kokoh’ dibanding versi lamanya.

Ketika ditanya tentang esensi dari single “Kegilaan Ini” Chaerul menjawab jika konteks gila yang dimaksud di lagu ini mempresentasikan yang dirasakannya terhadap rekan-rekannya di band yang masih bertahan di musik ini. Selain karena lagu tersebut dirasa yang paling melekat di kepalanya, hal tersebut juga merepresentasikan konsistensi Noin Bullet terhadap musik yang mereka percaya. “Ini sesuatu yang gila buat saya”, ujar Chaerul.  

Selesai menggelar jumpa pers, acara beranjut pada keriaan di atas panggung yang dibuka oleh penampilan dari band ‘seangkatan’ Noin Bullet, Purpose Tiger Clan. Band yang juga bagian dari ‘gerbong’ third wave ska yang juga pernah melambungkan nama Purpose Tiger Clan. Menarik melihat penampilan dari Purpose Tiger Clan, terutama ketika menyoroti sang vokalis, Luthfi Don FatBozz yang sedang mengalami masalah kesehatan, tapi masih menyempatkan untuk tampil pada malam hari itu. Purpose menggebrak dengan lagu-lagu andalan mereka seperti “Tiger Clan” dan “Anak Sekolah”.

Selanjutnya bergantian tampil dari mulai SKRG!, Orind, serta tentunya Noin Bullet yang tampil ‘penuh’ di atas panggung karena juga melibatkan beberapa kolaborator yang menyanyikan lagu-lagu dari Noin Bullet. Terasa hangat, penuh dengan vibe positif, serta semangat yang menyala dari para penampil. Sebuah kegilaan yang dimaknai dalam konteks ‘gila bermusik’ dari para musisi yang tampil. Konsistensi yang mereka lakukan di dunia musik seolah membawa harapan jika dunia musik akan selalu terasa seru dan berwarna. Angkat topi!

Teks: Wenky Wiradi

Foto: Hilman Wirahman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *